Jumat, 06 November 2009

PENGUMUMAN
Nomor: 427/SJ.2/KOMINFO/10/2009

Departemen Komunikasi dan Informatika, untuk formasi tahun 2009 memberi kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sebagai berikut :

1. PENDAFTARAN

  1. a. Pendaftaran lamaran hanya dapat dilakukan melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id mulai tanggal 13 Oktober 2009 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2009 jam 24.00 WIB.
  2. b. Pelamar harus upload pas foto pada formulir pendaftaran online.
  3. c. Sebagai bukti pendaftaran pelamar harus mencetak bukti pendaftaran /registrasi, sebanyak 2 lembar (1 untuk dikirim dan 1 untuk arsip yang bersangkutan).
  4. d. Pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) formasi jabatan dan di 1(satu) lokasi wilayah tes.
  5. e. Pelamar yang sudah mendapatkan bukti pendaftaran harus menyampaikan berkas lamaran disertai bukti pendaftaran untuk dikirim ke PO.BOX yang sudah ditentukan mulai tanggal 13 s/d 23 Oktober 2009 (lihat point 4).
  6. f. Informasi pendaftaran juga dapat dilihat di papan pengumuman Departemen Komunikasi dan Informatika yang ditunjuk yaitu :

- Jakarta          :     Departemen Komunikasi dan Informatika
Pusat Informasi dan Humas
Gedung B Lantai Dasar
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat

- Yogyakarta   :     Pendidikan dan Pelatihan Ahli Multi Media (MMTC)
Badan Penelitian dan Pengembangan SDM
Departemen Komunikasi dan Informatika
Jalan Magelang Km. 6 Yogyakarta

- Batam                  :  Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam
Batam Center, Pulau Batam


- Pontianak     :     Balai Monitoring Kelas II Pontianak, Ditjen Postel
Departemen Komunikasi dan Informatika
Jalan Ahmad Yani Km.13 Pontianak

- Mataram        :     Loka Monitoring Mataram, Ditjen Postel
Departemen Komunikasi dan Informatika
Jalan Singosari No.4 Mataram

- Manado          :     BPPKI Wilayah VIII Manado,
Badan Penelitian dan Pengembangan SDM
Departemen Komunikasi dan Informatika
Jalan Pomorouw No.45 Manado


  1. 2. PERSYARATAN
    1. a. Berusia  maksimal :
➢     32 tahun untuk S-2;
➢     30 tahun untuk S-1, D-4;
➢     28 tahun untuk D-3;
pada tanggal 1 Oktober 2009.
  1. b. Berijasah S-1, S-2, D-4, dan D3 atau yang disetarakan, baik dari lulusan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi  dengan indeks prestasi minimal 2.75;
  2. c. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap ;
  3. d. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS;
    1. e. Tidak berkedudukan sebagai calon/pegawai negeri;
    2. f. Sehat jasmani dan rohani;
    3. g. Tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainya;
  4. h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.



3.  BERKAS PENDAFTARAN

Bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran pada website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id dan telah mencetak bukti pendaftaran (registrasi), selanjutnya harus mengirim berkas lamaran sebagai kelengkapan administrasi dan bahan verifikasi.
Adapun persyaratan administrasi adalah :
  1. a. Surat lamaran
Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan dibubuhkan materai Rp. 6.000, di tujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Up. Ketua Tim Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Komunikasi dan Informatika dengan mencantumkan nama jabatan yang dilamar;
  1. b. Fotocopy dan transkip ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  2. c. Pas foto terbaru berwarna, ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar dengan mencantumkan nama dibalik foto;
  3. d. Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib / POLRI;
  4. e. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter Pemerintah;
  5. f. Tanda bukti pendaftaran / registrasi (print out).

Catatan
Dalam proses seleksi administrasi panitia akan memberlakukan sistem rangking berdasarkan nilai IPK tertinggi sesuai dengan kebutuhan jabatan yang dibutuhkan untuk menentukan jumlah peserta ujian apabila jumlah pelamar melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan.

  1. 4. WAKTU DAN TEMPAT PENGIRIMAN BERKAS LAMARAN

Berkas lamaran dikirim melalui PO.BOX yang sudah ditentukan, mulai tanggal 13 s/d 23 Oktober 2009 Cap Pos (batas akhir masuk PO.BOX tanggal 24 Oktober 2009  pukul 14.00 waktu setempat).

Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna merah untuk S2, biru untuk S1/D4 dan warna hijau untuk D3. Di luar map tertulis nama, alamat, nomor telepon serta jabatan yang dilamar. Berkas lamaran ditujukan :


Kepada Yth :
Menteri Komunikasi dan Informatika
Up. Ketua Tim Penerimaan CPNS TA 2009
Departemen Komunikasi dan Informatika

a.  PO. BOX 4229 JKP 10042, untuk wilayah test I Jakarta
b.  PO. BOX 3000 YK 55000, untuk wilayah test II Yogyakarta
c.   PO. BOX 151 Pulau Batam, untuk wilayah test III Batam
d.  PO. BOX 5000 MTR, untuk wilayah test IV Mataram
e.  PO. BOX 7860 PTK 78000, untuk wilayah test V Pontianak
f.   PO. BOX 1398 Manado 95000, untuk wilayah test VI Manado

  1. 5. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan diumumkan melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id pada tanggal 29 Oktober 2009.
Selanjutnya untuk dapat mengikuti tes maka pelamar harus memiliki tanda peserta tes dengan mencetak (print out) melalui website www.depkominfo.go.id yang merupakan tanda peserta tes yang sah.

  1. 6. PELAKSANAAN TES

Tes tertulis akan dilaksanakan secara serentak di 6 (enam) wilayah tes pada tanggal 2 Nopember 2009 dan pelamar yang dapat mengikuti tes tertulis adalah yang dapat menunjukkan print out tanda peserta tes yang sah.

  1. 7. MATERI TES
    1. a. Tes tertulis berupa tes kompetensi dasar (TKD) meliputi tes pengetahuan umum (TPU), tes bakat skolastik (TBS) dan tes skala kematangan (TSK) serta tes kompetensi bidang (TKB) yaitu tes bahasa inggris;
    2. b. Psikotes dan wawancara

  1. 8. PENGUMUMAN TES TERTULIS
Pelamar yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id pada tanggal 9 Nopember 2009;

  1. 9. PSIKOTES DAN WAWANCARA
Pelamar yang telah dinyatakan lulus tes tertulis harus mengikuti psikotes dan wawancara.

  1. a. Untuk wilayah test Jakarta, psikotes pada tanggal 14 Nopember 2009 dan wawancara pada tanggal 17 Nopember 2009.
b. Untuk wilayah test Yogyakarta, Batam, Mataram, Pontianak dan Manado, psikotes pada tanggal 16 Nopember 2009 dan wawancara pada tanggal 17 Nopember 2009.


  1. 10. PENGUMUMAN KELULUSAN
  2. 1. Hasil akhir penerimaan CPNS Departemen Komunikasi dan Informatika akan diumumkan pada tanggal 23 Nopember 2009 melalui website Departemen Komunikasi dan Informatika www.depkominfo.go.id.
  3. 2. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

  1. 11. ALOKASI FORMASI PER WILAYAH TES

Jumlah formasi pegawai baru pelamar umum sebanyak 230 orang, dengan alokasi formasi per wilayah tes sebagai berikut :

a. Wilayah Test I di Jakarta (meliputi : DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Lampung) jumlah formasi 179 orang dengan jabatan dan kualifikasi  pendidikan, yaitu:

NO
JABATAN
PENDIDIKAN
JML
  1. 1.
Pranata Komputer S1/D4. Komputer/Informatika D3. Komputer/Informatika
19
6
  1. 2.
Perencana S1. Telekomunikasi S1. Ekonomi
1
3
  1. 3.
Analis Kepegawaian S1. Hukum S1/D4. Komputer Informatika
S1. Administrasi Negara
2
1
1
  1. 4.
Analis Kelembagaan S1. Hukum
1
  1. 5.
Penata Laporan Keuangan S1. Ekonomi Akuntansi S1. Ekonomi
S1. Administrasi Negara
S1/D4. Akuntansi
3
6
2
4
  1. 6.
Verifikatur Keuangan D3. Akuntansi
8
  1. 7.
Teknisi Pemancar S1/D4. Elektro
4
  1. 8.
Teknisi Operasional Studio S1/D4. Elektro
3
  1. 9.
Penata Laporan Barang Milik Negara D3. Akuntansi Komputer S1. Administrasi Negara
1
1
  1. 10.
Sekretaris D3. Sekretaris
3
  1. 11.
Asisten Apoteker D3. Farmasi
1
  1. 12.
Penata Keuangan S1. Ekonomi
1
  1. 13.
Arsiparis D3. Kearsipan
2
  1. 14.
Perawat D3. Keperawatan
2
  1. 15.
Perancang Peraturan Perundang-undangan S1. Hukum Perdata S1. Hukum
S2. Hukum
S1. Hukum Perdata Ekonomi
2
3
2
1
  1. 16.
Penyusun bahan kerjasama luar negeri S1. Hubungan Internasional
1
  1. 17.
Analis Sistem Sarana Teknik Telematika S2. Teknologi Informasi S1/D4. Elektro
1
1
  1. 18.
Pustakawan S1. Perpustakaan D3. Perpustakaan
2
2
  1. 19.
Pranata Humas S1. Komunikasi S1. Ilmu Komunikasi
S2. Komunikasi
3
2
1
  1. 20.
Widyaiswara Tekno- logi Informasi S2. Teknologi Informasi
1
  1. 21.
Widyaiswara Sistem Informasi S2. Sistem Informasi
1
  1. 22.
Konselor Mental Pegawai S1. Dakwah S1. Psikologi
1
1
  1. 23.
Penyelenggara Pe-latihan S1. Pendidikan/Teknologi Pendidikan
1
  1. 24.
Auditor S2. Ilmu Komunikasi S1. Hukum
S1/D4. Akuntansi
S1/D4. Komputer/Informatika
S1/D4. Telekomunikasi
1
2
2
1
1
  1. 25.
Analis Hukum S1. Hukum S2. Hukum
S1. Hukum Perdata Internasional
S1. Hukum Pidana
4
2
1
1
  1. 26.
Analis Frekuensi S1/D4. Elektro S1/D4. Komputer/Informatika
D3. Komputer/Informatika
10
6
1
  1. 27.
Analis Telekomunikasi S1/D4. Telekomunikasi
6
  1. 28.
Pengendali Frekuensi Radio D3. Elektro
1
  1. 29.
Teknisi Elektro S1/D4. Teknik Elektro
1
  1. 30.
Analis Informasi Publik S1. Sains S1.Hukum
1
1
  1. 31.
Penghubung kerjasama Internasional S1. Hubungan Internasional S1. Komunikasi
1
1
  1. 32.
Penterjemah Bahasa Asing S1. Sastra Inggris S1. Sastra Arab
6
1
  1. 33.
Analis Siaran Radio dan Televisi S1. Hukum
1
  1. 34.
Analis Perkembangan Telematika S1. Anthropologi
1
  1. 35.
Analis Sistem Jaringan S1/D4. Komputer/Informatika
5
  1. 36.
Pengelola Website S1/D4. Komputer/Informatika
2
  1. 37.
Peneliti Komunikasi dan Informatika S2. Telekomunikasi S2. Teknologi Informasi
S1/D4. Elektro
S1. Sains (MIPA)
S1.      Pendidikan (Teknologi –Pendidikan
S1. Psikologi
S1/D4. Komputer/Informatika
1
1
1
1

2
1
1
  1. 38.
Pengadministrasi barang milik negara S1. Ekonomi
1

  1. 39.
Analis Data Bidang Kesehatan Masyarakat S1. Kesehatan Masyarakat
1
  1. 40.
Statistisi S1. Statistik
3
  1. 41.
Penyusun Informasi dan Publikasi S2. Ilmu Politik
2
  1. 42.
Analis Anggaran S2. Ekonomi Pembangunan
1
  1. 43.
Design Grafis S1. Design Grafis
2
JUMLAH
179


b. Wilayah Test II di Yogyakarta (meliputi : Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur) jumlah formasi 8 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan, yaitu:

NO
JABATAN
PENDIDIKAN
JUMLAH
  1. 1.
Pranata Komputer S1/D4. Komputer/Informatika
1
  1. 2.
Penata Laporan Keuangan S1. Ekonomi
2
  1. 3.
Peneliti Komunikasi dan Informatika S1/D4. Telekomunikasi
1
  1. 4.
Pengadministrasi Barang Milik Negara S1. Hukum
1
  1. 5.
Analis Audio Visual S1/D4. Broadcast
2
  1. 6.
Widyaiswara S1. Komunikasi
1
JUMLAH
8


c.   Wilayah Test III Batam (meliputi : NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan) jumlah formasi 17 orang  dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan, yaitu:

NO
JABATAN
PENDIDIKAN
JUMLAH
  1. 1.
Pranata Komputer S.1/D4 Komputer/Informatika D3.Komputer/Informatika
3

1
  1. 2.
Pengawas Perangkat -Elektronika S.1/D4 Elektro
1
  1. 3.
Verifikatur Keuangan D3. Akuntansi
3
  1. 4.
Pengendali Frekuensi -Radio D3. Elektro
6
  1. 5.
Peneliti Komunikasi dan Informatika S2. Telekomunikasi S2. Teknologi Informasi
S1/D4. Komputer/Informatika
1
1

1
JUMLAH
17
d.    Wilayah Test IV Pontianak (meliputi : Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah) jumlah formasi 7 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan, yaitu:

NO
JABATAN
PENDIDIKAN
JUMLAH
  1. 1.
Verifikatur Keuangan D3. Akuntansi
1
  1. 2.
Pengendali Frekuensi Radio D3. Elektro
3
  1. 3.
Teknisi Perangkat Monitoring Frekuensi D3. Elektro
1
  1. 4.
Penata Laporan Keuangan S1. Ekonomi
1
  1. 5.
Peneliti Komunikasi dan Informatika S1/D4 Komputer/Informatika
1
JUMLAH
7

e. Wilayah Test V Mataram (meliputi : Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat) jumlah formasi 6 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan, yaitu:

NO
JABATAN
PENDIDIKAN
JUMLAH
  1. 1.
Verifikatur Keuangan D3. Akuntansi
2
  1. 2.
Teknisi Perangkat Monitoring Frekuensi D3. Elektro
4
JUMLAH
6

f.   Wilayah Test VI Manado (meliputi : Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku Utara,) jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 13 orang dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan, yaitu:

NO
JABATAN
PENDIDIKAN
JUMLAH
  1. 1.
Verifikatur Keuangan D3. Akuntansi
2
  1. 2.
Pengendali Frekuensi Radio D3. Elektro
1
  1. 3.
Teknisi Perangkat Monitoring Frekuensi D3. Elektro
3
  1. 4.
Pranata Komputer D3. Elektro
1
  1. 5.
Penata Laporan Keuangan S1. Ekonomi S1. Hukum
1
1
  1. 6.
Peneliti Komunikasi dan Informatika S2. Telekomunikasi S2. Teknologi Informasi
S1/D4. Komputer/Informatika
S1/D4. Telekomunikasi
1
1

1
1
JUMLAH
13



Jakarta, 13 Oktober 2009

DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KEPALA BIRO KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI

1 komentar: